Laman

Selasa, 13 Oktober 2015

Tips Mencegah Datangnya Berbagai Penyakit Dengan Buah Duwet

Tips Mencegah Datangnya Berbagai Penyakit Dengan Buah Duwet,Buah Duwet adalah salah satu jenis buah yang mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1911,Buah duwet memiliki karakter rasa yang sangat manis dan rasa lengket yang sedikit sepat dan asam tetapi di balik semua rasanya buah duwet bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Sekilas Tentang Buah Duwet


 Buah Duwet atau di sebut dengan Jamblang. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Duwet atau Buah Jamblang Buah duwet termasuk dalam keluarga jambu air dan cengkeh. Buah duwet ini memiliki nama latin Syzygium cumini, dengan pohon yang memiliki ketinggian 10-20 m. Buah duwet memiliki ciri buah lonjong bahkan ada pula yang berbentuk bulat.Buah duwet ini memiliki kulit tipis mengkilap dengan berukuran 1-5cm, memiliki warna merah tua atau ada yang berwarna ungu kehitaman. Ketika berbuah dalam bentuk gerombolan besar dengan warna daging buahnya putih, kuning kelabu bahkan ada yang berwarna merah ungu. Buah duwet ini sama sekali tidak berbau.

Kandugan Gizi Dari Buah Duwet
=>Kandungan Kimia
Jamblang mengandung minyak asiri, fenol (methylxanthoxylin), alkaloid (jambosine), asam organic, triterpenoid, resin yang berwarna merah tua mengandung asam elagat dan tanin.
=>Viamin C 
Buah duwet (syzgium cumini) adalah buah lokal yang mengandung vitamin C terbanyak kedua setelah jambu monyet. Setiap 100 g buah duwet mengandung 130 mg vitamin C.
Di beberapa daerah, buah duwet sering disebut juga buah jamblang. Buah duwet memiliki banyak jenis, dari yang kecil hingga yang agak besar. Warna buah duwet juga beragam, ada yang agak putih, ada yang kehitaman serta ungu. Buah duwet juga mengandung glukosida phytomelin. Zat ini dapat mengurangi kerapuhan pembuluh darah kapiler penyebab luka diabetes yang lama sembuhnya.
=>Antioksidan
Kandungan Antioksidan buah duwet berperan penting dalam mencegah dan memerangi aneka penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner dan kanker. Antioksidan duwet dipengaruhi oleh tahapan kematangannya. Buah mentah (berwarna hijau) memiliki aktivitas antioksidan yang rendah. Buah yang hampir masak (merah dan agak keras) punya aktivitas antioksidan sedikit lebih baik. Sedangkan buah masak (berwarna ungu) memiliki aktivitas antioksidan paling tinggi.
Oleh sebab itu, sebaiknya duwet dikonsumsi dalam keadaan sudah masak dan segar. Kalau kurang segar, aktivitas antioksidannya sudah jauh berkurang. Lebih Aman Sebagai sumber antioksidan alami, duwet dinilai lebih baik ketimbang rempah-rempah. Sebenarnya rempah- rempah juga memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi, namun biasanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Duwet juga lebih baik daripada antioksidan sintetis, karena lebih aman.

Khasiat Dan Manfaat Buah Duwet
  • Masalah penyakit lambung seperti maag memang sangat mengganggu. Perut akan terasa kurang nyaman dan bila diisi dengan makanan maka akan terasa perih. Di India pada jaman dahulu penyakit lambung atau maag bisa diobati dengan jus buah duwet yang sudah dipisah dari biji dan kulitnya dan telah disimpan selama 5 hari. Berbagai senyawa yang bekerja untuk memulihkan kondisi lambung akan semakin meningkat selama masa penyimpanan. Anda bisa menggunakan jus buah duwet ini untuk mengobati penyakit maag dan juga gangguan pencernaan lain.
  • Duwet Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi Tahukan Anda bahwa dalam 100 gram buah duwet segar mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Beberapa nutrisi tersebut adalah 16 mg kalsium, 36 mg magnesium, 16,7 mg pospor, dan 1,7 mg zat besi. Kalsium, magnesium, pospor dan zat besi adalah nutrisi yang bisa menjaga sistem kepadatan tulang dan mencegah gigi berlubang. Beberapa orang yang memiliki masalah dengan kekurangan kalsium selalu mudah terkena resiko penyakit tulang seperti radang sendi dan osteoporosis saat lanjut usia. Bagi wanita sangat disarankan untuk konsumsi buah duwet agar terhindar dari resiko penyakit kerapuhan tulang.
  • Duwet Mendukung Pembentukan Sel Darah Merah Produksi sel darah merah dalam tubuh memiliki pengaruh yang sangat besar. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia, gangguan emosi, pola konsentrasi yang rendah dan tubuh yang lebih lemah. Konsumsi buah duwet 100 gram sehari bisa mencukupi kebutuhan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Hal ini disebabkan karena buah duwet mengandung zat besi yang mudah diterima oleh tubuh.
  • Menjaga Kesehatan Jantung Siapa yang mengira bahwa dalam buah duwet yang kecil dan manis itu ternyata mengandung 23 mg sodium dan 56 mg kalium dalam setiap 100 gram. Sodium dan kalium sangat berperan untuk mengendalikan otot jantung, membantu mengatur detak jantung dan menghindari berbagai macam resiko penyakit karena serangan jantung. Jika Anda mengkonsumsi buah duwet segar secara rutin maka setidaknya Anda bisa mencukupi kebutuhan kalium dan sodium bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang penuh maka Anda bisa makan buah duwet segar atau jus buah duwet yang dicampur dengan kulitnya. Rasanya yang manis dan sedikit asam akan sangat segar untuk musim panas.
  • Mengatasi Diabetes Untuk mengatasi diabetes, 15 butir biji jamblang ditumbuk halus dan direbus. Rebusan itu dibagi jadi tiga bagian untuk satu hari. Ulangi setiap hari sampai badan terasa segar. Kulit pohon jamblang bisa digunakan pula untuk diabetes. Sebanyak 250 gram kulit jamblang basah dipotong-potong, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga jadi dua gelas. Saring airnya lalu diminum sedikit-sedikit sampai habis dalam satu hari.
  • Duwet Mengobati Sakit Batuk Mengobati penyakit batuk menahun yang sulit untuk sembuh ternyata juga bisa memakai buah duwet segar. Percaya atau tidak percaya pengobatan ini sudah dimulai sejak ratusan tahun lalu di daerah pedalaman Madagaskar. Buah duwet yang masih segar mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan yang ternyata dapat melawan bakteri atau infeksi kuman penyebab batuk parah. Anda bisa memakai campuran buah duwet segar dengan madu sebagai pengganti obat batuk sirup.
  • Duwet Menjaga Tubuh dari Serangan Radikal Bebas Radikal bebas dapat menyerang tubuh dari berbagai sumber seperti zat polutan, sayuran yang mengandung pestisida dan berbagai macam bahan makanan yang mengandung bahan kimia seperti pengawet dan perasa buatan. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit degeneratif seperti kanker, tumor dan masalah pada jantung. Sementara itu buah duwet bisa menjadi penangkal ampuh radikal bebas karena mengandung flavonoid. Manfaat senyawa flavonoid dari buah duwet segar terbukti ampuh mengatasi serangan radikal bebas dan perlindungan terhadap enzim tubuh yang mengandung antioksidan. Jadi ketika musim buah duwet Anda bisa memakainya sebagai buah yang sangat baik untuk mengurangi potensi penyakit kanker dan penyakit lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar